Minggu, 06 Februari 2011

Bagaimana Memulai Bisnis Online

Jika anda ingin memulai bisnis online, anda harus menentukan dulu, apakah ingin menjual produk sendiri atau menjual produk orang lain ( dalam dunia online biasa disebut affiliate ). Setelah anda memutuskan, anda mulailah mencari ide.

Ide adalah pondasi bisnis online kita. Ide kita saat ini akan menentukan penghasilan kita nanti. Jadi pikirkanlah masak-masak, IDE apa yang ingin anda buat untuk bisnis online anda. Anda bisa menjadikan hobi anda sebagai ide bisnis, misalnya anda seorang penggemar bunga anggrek. Anda bisa saja menjadikan ini sebagai ide atau topik utama. Biasanya, dengan diawali hobi, anda tidak akan merasa jenuh saat mengerjakannya. Jadi saran saya mulailah dengan hobi.

Setelah menentukan ide, katakanlah anda mengambil ide "Bunga Anggrek" .  Selanjutnya kita harus menentukan target market kita. Disini tentu sudah jelas terlihat ya bahwa dengan ide bunga anggrek, target marketnya adalah umum (laki-laki & perempuan) yang senang atau penggemar bunga anggrek.

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis online adalah mengumpulkan konten tentang " bunga anggrek". Konten bisa berupa tulisan, semacam artikel, bisa juga gambar atau video. Misalnya anda membuat artikel tentang "Cara Perawatan Bunga Anggrek", atau "Komunitas Penggemar Anggrek", atau apa saja yang berhubungan dengan bunga anggrek. Kumpulkanlah konten itu sebagai bahan untuk membuat website / situs anda nanti.

Jika konten anda sudah cukup banyak, tentukan produk bisnis online yang akan anda jual apakah produk sendiri atau produk orang lain (menjadi affiliate) dan produknyapun harus sesuai dengan topik ide yang anda pilih. 
 
Setelah anda tentukan produk yang akan anda jual lalu selanjutnya mulailah membuat situs dengan konten yang telah anda kumpulkan. Anda bisa belajar dari yang gratisan, seperti menggunakan blogspot atau wordpress. Tapi alangkah baiknya jika anda membuat situs dengan yang berbayar. Pilihan ada di tangan anda dan semua terserah anda.
 
Situs sudah siap maka langkah berikutnya anda membeli nama domain sebagai alamat untuk mengakses situs anda. Tentukan nama domain yang sesuai dengan situs anda.

Kemudian anda beli hosting agar situs anda siap di-online-kan agar bisa diakses oleh pengguna internet. Hosting ini fungsinya sebagai tempat penyimpanan file-file konten yang telah anda kumpulkan. Misalnya anda bisa menyewa hosting di luar negeri seperti hostgator atau hosting lokal seperti idwebhost. Atau anda bisa beli di sini untuk domain dan hosting.
 
Langkah terakhir adalah promosikan situs tersebut. Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara di internet. 
 
Nah, anda sudah tau bagaimana cara memulai bisnis online. Yang harus anda lakukan sekarang adalah mempraktekkannya. Jika anda mau serius belajar bisnis online dan tau bagaimana tip & trik bisnis online, anda bisa ikuti program pembelajaran internet marketing bersama anne ahira di asianbrain.com, Gratis modul di bulan pertama


Related Article:

0 komentar:

Posting Komentar


Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
 

Footer Widget #1

Footer Widget #1

Footer Widget #2

Footer Widget #2

Footer Widget #3

Footer Widget #3

Footer Widget #4

Footer Widget #4
Copyright 2010 Site Bisnis Online. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog